If you visit the City of Heroes, is a lot of typical dishes that you can enjoy, from Rojak cingur, Kupang Lontong, Lontong Balap, Semanggi Suroboyo, and others

Sunday, September 4, 2011

SATE KELAPA ONDOMOHEN SURABAYA


Arek-arek Surabaya mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu kuliner yang satu ini. Ya, inilah dia Sate Kelapa Ondomohen, salah satu menu kuliner di kawasan Surabaya yang sangat terkenal. Namanya sendiri sangat unik karena Ondomohen ternyata berasal dari nama sebuah gang kecil di Jalan Walikota Mustajab Surabaya. Begitu banyak pedagang sate kelapa yang berjualan dan meramaikan gang tersebut. Layaknya sebuah wisata kuliner, tentu ada satu tempat yang menjadi pilihan favorit banyak orang. Di Surabaya sendiri, yang menjadi incaran banyak pengunjung karena terkenal adalah Sate Kelapa Ondomohen.disini kalau lihat http://www.youtube.com/watch?v=h5unbn9ba1s

Sate Kelapa ini bukan terbuat dari kelapa, melainkan potongan daging sapi yang dibakar dan diberi baluran kelapa. Jadi parutan tipis kelapa bukannya dicampur di dalam potongan daging sapi, namun bertindak seakan-akan sebagai selimut.
Sate Kelapa Ondomohen ini terkenal dan berbeda. Biasanya, sate terbuat dari daging ayam atau kambing, namun yang berbeda dari Sate Kelapa adalah terbuat dari daging sapi. Bahkan cara pembuatannya tidak sembarangan, daging sapi diolah dengan bumbu khusus yang dilumuri dengan parutan kelapa halus, kemudian sate dibakar dan akhirnya disajikan di atas daun pisang. Bisa menikmati sajian Sate Kelapa ini dengan nasi putih atau lontong, sesuai selera.
Ada pilihan nasi atau lontong untuk menemani menyantap Sate Kelapa. Uniknya, di piring lontong atau nasi juga terdapat poya atau serundeng. Poya ini terbuat dari kelapa yang diparut halus dan diberi bumbu. Setelah itu kelapa disangrai dan ditumbuk. Rasanya tidak manis layaknya serundeng yang menggunakan gula jawa sebagai salah satu bumbunya. Selain daging, Anda bisa memilih bagian sapi lainnya seperti sumsum, lemak, otot, atau usus untuk dijadikan Sate Kelapa.
Saat menyantap Sate Kelapa ini, tekstur daging sapi sangat lembut sehingga mudah dikunyah. Tambahan lagi aroma harum kelapa yang melintas di hidung saat mengunyah sate, rasanya satu porsi satai tidak akan cukup. Benar-benar wuenak tenan, Rek!
Bumbu kacang sebagai siraman satai pun menambah kenikmatan. Rasa bumbu kacang tidak terlalu manis dan rasa pedasnya pun tak terlalu menghentak. Tapi, ada beberapa cabai utuh yang menyertai saus kacang ini yang bisa Anda tambahkan jika Anda memang doyan pedas.
Penjual sate mungkin banyak di sepanjang jalan, namun soal rasanya, Sate Kelapa jelas boleh dibandingkan sendiri bagaimana kelezatannya, karena hanya Sate Kelapa yang menyajikan keunikan sate ddaging sapi yang berbalur kelapa parut. Suasana bersantap akan semakin terasa menyenangkan karena teduh dan bisa melihat sendiri proses pembakaran satenya yang menggunakan pembakar sate tradisional yang jarang ditemui di tempat lainnya.
 
Resep Sate Kelapa
Bahan:
200 gram kelapa parut kasar

Bumbu Halus:
2 cm kunyit, dibakar
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh ketumbar bubuk
4 buah bawang merah
2 buah bawang putih

Bumbu Kacang:
Bahan:
1/2 sendok teh garam
25 gram gula merah sisir
300 ml air hangat
100 gram kacang tanah kulit, digoreng, dihaluskan
2 buah cabai rawit merah, dihaluskan
2 buah cabai merah keriting, dihaluskan

Bahan Pelengkap:
500 gram nasi putih
100 gram kelapa parut kasar, disangrai, dihaluskan
4 sendok makan kecap manis
2 sendok makan bawang merah iris

Cara Membuat:
 - Bumbu kelapa
 Aduk rata bumbu halus dan kepala parut

 - Sate
 Lumuri daging sapi dengan garam dan merica bubuk.
 Diamkan 1 jam dalam lemari es.
 Tusuk-tusuk daging sapi bergantian dengan lemak sapi
 Sisihkan
 3.Bungkus sate dengan bumbu kelapa
 4.Bakar sampai harum
 5.Aduk rata bumbu kacang
 6.Sajikan dengan bumbu kacang dan pelengkap

Untuk 4 porsi

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan